LAPORAN AKHIR 1 MODUL 2



LAPORAN AKHIR 1 Modul 2
(Percobaan 2)

1. Prosedur
[Kembali]
  • Rangkai semua komponen 
  • Buat program di aplikasi arduino IDE
  • Setelah selesai masukkan program ke arduino 
  • Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai kondisi

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Hardware :

1. ARDUINO



2. DIP SWITCH 




3. LED




4. LCD 




Diagram Blok:






3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]





Prinsip Kerja :
 
Pada percobaan ini melibatkan arduino serta sebuah dip switch, LCD, serta sebuah bazzer dan LED. ketika pada program arduino diberi instruksi untuk menginterup maka pada rangkaian awalnya akan melakukan perhitungan dengan kondisi bertambah 1. ketika dip switch aktif, maka terjadi interup yang mana interup akan mengulang nilai perhitungan serta buzzer akan berbunyi, ketika dip switch sudah kembali di tidak diaktifkan maka program akan melanjutkan kembali perhitungan dengan kondisi tambah 1 sesuai dengan program awalnya.

 
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart :







Listing Program :

#include<LiquidCrystal_I2C.h>
#define LED 13 //pin 13 bernama LED
#define tombol 2 //pin 2 (pin interrupt) bernama tombol
#define buzzer 11
volatile byte led_nyala = LOW; //kondisi mula-mula LED mati
static int count = 0;
volatile byte buzzer_nyala = LOW;
LiquidCrystal_I2C lcd(0x27, 20, 4);
void setup() {
 lcd.init();
 lcd.backlight();
 pinMode(LED,OUTPUT);
 pinMode(tombol,INPUT);
 attachInterrupt(digitalPinToInterrupt(2),tombol_ditekan, FALLING); //pin 2 (interrupt 0) digunakan sebagai interrupt eksternal
}
void loop() { //Main Program
 digitalWrite(LED,HIGH);
 digitalWrite(buzzer,LOW);
 lcd.setCursor(0,0);
 lcd.print("Count:");
lcd.setCursor(0,1);
 lcd.print(count);
 count += 1; // menambahkan integer count dengan angka 1
 delay(1000);
}
//membuat fungsi bernama tombol_ditekan, fungsi ini (ISR) dieksekusi secara otomatis setelah arduino 
memperoleh sinyal interrupt di pin 2
void tombol_ditekan()
{
 digitalWrite(LED,LOW);
 digitalWrite(buzzer,HIGH);
 count = 0;
 delay(100000);
}

5. Kondisi [Kembali]

Percobaaan 2

6. Video Simulasi [Kembali]




7. Soal Analisa [kembali]

1. Bagaimana switch pada percobaan dapat mengaktifkan suatu instruksi baru? Bandingkan rangkaian tugas pendahuluan dengan rangkaian saat praktikum!
Jawab :
Pada dasarnya, penggunaan interrupt dalam mikrokontroller seperti Arduino memungkinkan suatu perangkat (misalnya, switch) untuk "menginterupsi" program utama yang sedang berjalan agar segera menanggapi kejadian yang terjadi, karena Switch dapat mengaktifkan interrupt atau instruksi baru karena sifatnya yang menyebabkan perubahan dalam status logika pada pin input mikrokontroler ketika ditekan. Ketika switch ditekan atau dilepaskan, terjadi perubahan pada tegangan di pin input yang terhubung ke switch tersebut. Mikrokontroler, seperti Arduino, dapat diprogram untuk mendeteksi perubahan ini menggunakan fitur yang disebut interrupt.
Ketika perubahan terdeteksi pada pin input yang dikonfigurasi untuk interrupt, mikrokontroler akan segera menanggapinya dengan menghentikan program utama yang sedang berjalan dan menjalankan fungsi interrupt yang telah ditetapkan sebelumnya. yang mana nantinya pada LCD perhitungannya akan mati jika interup aktif.
Pada tugas pendahuluan switch terhubung langsung ke input pada arduino, sedangkan LCD juga terhubung ke arduino untuk menampilkan informasi, lalu program akan terus menerus memantau status switch secara berulang, apakah switch ditekan atau tidak. pada rangkaian praktikum, switch terhubung ke pin yang mendukung interup pada arduino. saat switch di tekan, akan muncul interup yang akan segera menghentikan program utama, ketika switch di tekan arduino akan segera menjalankan fungsi interup yang akan menampilakan perhitungan di LCD berhenti karena interupt aktif.


 2. Jelaskan proses diagram dari Interrupt!
Jawab :


Pada diagram menjelaskan bahwa ketika mikrokontroler atau arduino terus menjalankan program utamanya ketika belum ada penekanan pada tombol switch yang mana tombol ini dihubungkan ke arduino yang di atur untuk mendukung interup ketika switch ditekan, maka arduino akan aktif dan arduino akan segera menghentikan eksekusi program utama yang sedang berjalan dan beralih ke pananganan interup. setelah fungsi nterup selesai maka arduino akan kembali ke program utama dan melanjutkan eksekusi di titik di mana program di interup (A > B > D > E > B > C > A)

8. Download File [Kembali]

File Rangkaian klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet Arduino klik disini
Datasheet DipSwitch klik disini
Download Datasheet LCD klik disini
Download Datasheet Led klik disini









Tidak ada komentar:

Posting Komentar