Laporan Akhir Percobaan 2 Modul 1

 [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]


Laporan Akhir

Modul 1



1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]



Hardware : 






Diagram Blok:









2. Prosedur Percobaan  [Kembali]


1. Rangkai semua komponen 
2. Buat program di aplikasi arduino IDE
3. Setelah selesai masukkan program ke arduino 
4. Jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul





Prinsip Kerja

Pertama, kita akan menyambungkan mikrokontroler Arduino dengan keypad dan layar LCD sesuai dengan petunjuk yang ada dalam modul praktikum. Kita akan menggunakan pin-pin yang telah ditetapkan dalam modul tersebut. Setelah semua koneksi selesai, langkah berikutnya adalah mengunggah kode yang telah dipersiapkan ke dalam mikrokontroler atau Arduino Uno. Proses inisialisasi akan dimulai, di mana kita akan mengonfigurasi pin untuk keypad dan layar LCD. Setelah inisialisasi selesai, mikrokontroler akan terus memantau input dari keypad. Setiap kali tombol pada keypad ditekan, mikrokontroler akan mendeteksi sinyal yang masuk dari pin yang terhubung ke keypad. Nilai yang ditekan pada tombol akan ditampilkan di layar LCD. Proses ini akan berulang terus menerus, sehingga setiap interaksi dengan keypad akan menghasilkan respons yang sesuai di layar LCD. Misalnya, jika tombol 1 ditekan, angka 1 akan muncul di layar LCD.



4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]


Flowchart








Listing Program:

#include <Keypad.h> // Memanggil library Keypad
#include <LiquidCrystal.h> // Memanggil library LCD

// Menentukan besaran keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); // Mendeklarasikan pin pin pada LCD

// Menentukan besaran dari keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3', 'A'},
  {'4', '5', '6', 'B'},
  {'7', '8', '9', 'C'},
  {'*', '0', '#', 'D'}
};
 
// Mengkoneksikan keypad ke pin arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
 
// Mendeklarasikan keypad ke arduino
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
 
void setup() {
  // Setup serial monitor
  Serial.begin(9600);
  lcd.begin(16, 2);
}
 
void loop() {
  // Membaca tombol yang di tekan
  char customKey = customKeypad.getKey();
 
  if (customKey) {
    // melakukan printing ke LCD tombol yang di pencet
    lcd.setCursor(0, 0);
    lcd.print("Tombol :");
    lcd.print(customKey);
  }
}

5. Kondisi [Kembali]

  Percobaan 4 Modul 1






7. Soal Analisa [Kembali]


1. Analisa kenapa data pin yang kita gunakan hanya dari D4- D7!
Jawab :
Ini dikarenakan untuk ketersediaan pin dalam pengaturan program serta penyederhanaan pin data pada proses tersebut. Dengan 4 bit data maka untuk transfer datanya lebih lama dibanding dengan penggunaan 8 pin atau 8 bit data. 

2. Analisa bagaimana cara kerja dari keypad sehingga bisa menampilkan hasil pada LCD, jelaskan kenapa!
Jawab 

Keypad adalah perangkat input yang terdiri dari beberapa tombol yang biasanya disusun dalam bentuk matriks. Setiap tombol keypad terhubung dengan kombinasi baris dan kolom tertentu. Ketika tombol ditekan, Arduino membaca kombinasi baris dan kolom yang terhubung, dan kemudian menafsirkannya sebagai input.

Dalam rangkaian yang menghubungkan keypad ke Arduino dan LCD, pin input dari keypad terhubung ke pin input pada Arduino, sedangkan output dari Arduino terhubung ke LCD. Dengan cara ini, Arduino dapat membaca input dari keypad dan menafsirkannya, lalu menampilkan hasilnya pada LCD.



8. Link Download [Kembali]

Datasheet Arduino klik disini
Datasheet Button klik disini
Datasheet Lcd klik disini

Datasheet Resistor klik disini
File Rangkaian klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar